Metode Bangunan Dengan Menggunakan Pondasi Strauss Pile – Pondasi strauss pile ini adalah suatu pengerjaan pondasi untuk bangunan, yang cara mengebor tanahnya dengan system manual atau penggerak di mata bor-nya ialah tenaga manusia. Ini dilakukan sampai kedalaman yang sudah ditentukan, dilanjutkan dengan memasukkan besi-besi bertulang yang sudah siap untuk dimasukkan bahan cor sampai terisi padat dan penuh. System ini sangat cocok apabila anda akan membangun pondasi rumah, bangunan yang bertingkat hingga 2-3 lantai, ruko, pagar dan benteng dan juga untuk membuat gudang besar dan masih banyak lagi.

Cara atau Metode kerja pondasi strauss pile

Dalam pengerjaan metode strauss pile ini biasanya mulai dari diameter 20cm sampai 30cm, serta kedalamannya bor itu sekitar 6 meteran. Ini semua dilakukan secara manual sebagai uraian cara dan metode kerjanya sebagai berikut:

· Tahap awal persiapan kerja

Untuk persiapan mengerjakan pondasi strauss pile ini memang sangatlah sederhana, yakni hanya menggunakan waktu beberapa menit untuk membuat setting alat-alat seperti mata bor, setang, pipa, dan tambahan alat pendukung yang lainnya.

· Tahap ke dua pengeboran

Setiap tanah yang akan dibor pastinya besar diameter yang sudah disepakati sebelumnya, karena memang harus sesuai dengan rencana. Pondasi untuk tiang strauss ini biasanya 25-30cm, dengan mata bor diputar-putar dengan beban tekanan yang maksimal sampai menemukan kumpulan tanah lalu di angkat langsung dibuang tanahnya. Biasanya tenaga manusia yang diperlukan 2-4 orang tergantung kondisi tingkat kesulitannya.

· Tahap ke tiga pembesian sebagai bagian cara kerja pondasi strauss pile

Dalam pengerjaan pembesian ini membuat besi spiral, ini biasanya besi 8mm dengan poros jarak sekang 15 sampai 20cm. lalu pemotongan besi yang pokoknya untuk jari-jari biasanya besi jenis 13 ulir isi 5 batang, langsung dilanjutkan rangkaian kedua bagian tersebut sampai terbentuk menjadi kerangka tulang.

· Tahap ke empat pengecoran

Pengecoran ini ialah bagian tahapan langkah akhir didalam pengerjaan pondasi strauss pile, ini harus selalu di kerjakan dengan sangat telaten juga tetap selalu diperhatikan. Karena apabila kondisi lubang bor selalu dipenuhi air, ini harus memakai pipa paralon yang berguna sebagai pipa tremie pengantar cor tujuannya agar tidak tercampur dengan air yang berlumpur. Dengan begitu hasil beton nantinya akan berhasil dengan baik, jika kondisi lubang tanah yang kering bisa langsung cor-annya masuk.

Biaya untuk pondasi strauss pile

Apabila anda akan membangun dengan menggunakan pondasi system strauss pile, maka perhitungannya dengan media menggunakan satuan permeternya sampai kedalaman 1meter. Untuk cara menghitungnya ialah jumlahkan titik yang akan dikerjakan dengan kedalamannya dan dikalikan dengan harga satuan permeternya. Untuk pondasi jenis ini sangat cocok untuk kondisi bangunan yang bertingkat 2-4 lantai saja.
Demikianlah uraian artikel mengenai metode kerja pondasi strauss pile, semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi untuk anda.