Manfaat Pembuatan Pondasi Bore PileManfaat bore pile merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang memilih menggunakan cara ini ketika membuat pondasi dari konstruksi sebuah bangunan. Pondasi bore pile merupakan jenis pondasi yang bisa menyalurkan seluruh beban pada konstruksi ke tanah dengan struktur yang keras sehingga pondasi ini sangat kuat. Pemasangan pondasi ini dikerjakan dengan mengebor tanah yang akan digunakan terlebih dahulu. Lubang yang ada di dalam tanah tersebut kemudian akan diberi rangkaian tulangan dan dilakukan pengecoran dengan beton. Jika lokasi tanah di lahan kurang memungkinkan, maka biasanya kontraktor akan menggunakan bantuan tiang bore pile sebagai salah satu alat dalam pondasi. Terlepas dari proses pembuatannya, pondasi bore pile memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya.

Manfaat Pembuatan Pondasi Bore Pile

Alat yang digunakan

Salah satu manfaat bore pile yang paling utama adalah berkaitan dengan alat yang digunakan. Pengerjaan pondasi ini sebenarnya hampir sama pelaksanaannya dengan strauss pile. Pondasi bisa dikerjakan dengan menggunakan mesin mini crane dan gawang. Alat tersebut bisa membantu pengerjaan bore pile dengan berbagai ukuran diameter seperti 30 cm, 40 cm, 50 cm, dan 60 cm dan bisa mencapai kedalaman hingga 30 meter. Pembuatan pondasi dengan bore pile ini biasa dilakukan di lokasi dengan banyak penduduk dan digunakan untuk banyak bangunan yang membutuhkan konstruksi kuat seperti gedung dengan banyak lantai, jembatan dan menara. Alat yang dibutuhkan untuk membuat bore pile pun bisa disesuaikan dengan volume pekerjaan yang ada. Jika pekerjaan ingin dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat maka diperlukan adanya penambahan set alat dan jumlah pekerja.

Manfaat lainnya

Selain berkaitan dengan alat yang diperlukan, pondasi bore pile juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Berikut adalah sejumlah kelebihan yang didapatkan jika menggunakan jenis pondasi ini.

Pertama, pemasangan bore pile tidak menciptakan gangguan suara, kebisingan, maupun getaran karena prosesnya dilakukan secara manual dan tidak menggunakan mesin. Jadi, selama proses pemasangan berlangsung, lingkungan di sekitar proyek tidak terganggu dan proses ini juga tidak beresiko terhadap bangunan yang terletak di sekitar tempat tersebut.

Kedua, proses ini tidak membutuhkan banyak jumlah beton dan rangkaian tulangan yang digunakan pada penutup tiang lebih sedikit sehingga harganya pun lebih murah dibandingkan jenis pondasi lainnya. Selain itu, pondasi jenis ini juga bisa dikerjakan di tempat yang sulit seperti di dalam bangunan atau di kondisi lahan yang tidak rata. Selain itu, pondasi bore pile juga bisa dipasang di dalam tanah yang berbatu karena jenis ini punya kemampuan untuk menembus batuan. Bore pile juga memerlukan waktu yang singkat dalam pengerjaannya, biasanya waktu yang diperlukan hanya 1 minggu. Tidak ada resiko kenaikan tanah dan penurunan pondasi bangunan juga merupakan manfaat bore pile.