Kontraktor jasa pondasi bored pile – tahukah anda yang dimaksud dengan bored pile? Bicara mengenai bored pile tentu tidak jauh dari kontruksi bangunan. Untuk mendapatkan bangunan yang kokoh dan tidak mudah roboh, maka diperlukan pembuatan pondasi bore pile yang kuat. Pondasi suatu bangunan sebaiknya dibuat sekokoh mungkin dari dalam tanah, sehingga bangunan tersebut tidak mudah rubuh akan suatu hal.

Untuk membuat bangunan semacam gedung, jembatan, dan rumah dengan pondasi yang kokoh, maka dibutuhkan pondasi bored pile. Apabila anda membutuhkanrancangan pondasi yang kuat, anda bisa menggunakan kontraktor jasa pondasi bored pile yang memiliki banyak pengalaman di bidang ini. Untuk memperkaya informasi anda mengenai pondasi bored pile, berikut informasi mengenai metode bored pile yang akan ditawarkan oleh pihak kontraktor.

Metode bor basah (Wash boring) untuk membuat pondasi bored pile

Metode bor basah biasanya ditawarkan oleh kontraktor kepada anda yang memiliki budget yang tidak banyak. Metode ini dilakukan dengan pengeboran yang membutuhkan banyak air. Air tersebut akan dipompa menggunakan pompa khusus dan air dialirkan ke mata bor melalui selang-selang. Air yang digunakan pada proses pengeboran ternyata memiliki fungsi.

Fungsi dari air tersebut adalah untuk meleburkan berbagai jenis limbah yang ada di dalam tanah dan akan menjadi lumpur. Setelah limbah menjadi lumpur, maka limbah tersebut akan keluar dari lubang pengeboran dengan mudah. Mata bor yang digunakan juga khusus untuk pengeboran dengan metode basah, yaitu mata bor cross bit dimana mata bor akan dipasang di setiap sayap bor. Metode bor basah menyediakan pilihan diameter yang bervariasi, dari 30 cm hingga 80 cm.

Metode bor kering untuk membuat pondasi bored pile

Selain metode bor basah, terdapat juga metode bor kering dimana proses pengeboran tidak menggunakan air. Metode kering biasanya dilakukan apabila pondasi bored pile tidak melebihi level air yang ada. Berbeda dengan metode bor basah dimana biaya metode bor kering lebih mahal karena kesulitan yang dihadapi oleh penyedia jasa pembuatan pondasi bore pile. Mata bor yang digunakan pun juga berbeda.

Pada keadaan ini, mata bor yang digunakan yaitu mata bor spiral. Jika pada metode basah limbah akan cepat keluar, maka pada metode kering limbah akan terangkat pada setiap kurang dari1 meter pada kedalaman pengeboran. Selain itu, diameter pada bor kering juga berbeda dengan metode bor basah yang bervariasi. Pada metode bor kering, diameter yang digunakan hanya berkisar 30 – 40 cm.