Besarnya Harga Jasa Pembuatan Pondasi Bor Pile – Harga jasa Bor Pile merupakan salah satu hal penting yang mesti dipertimbangkan ketika anda ingin membuat pondasi bangunan dengan metode yang satu ini. Bor pile adalah salah satu jenis metode yang digunakan untuk membuat pondasi pada konstruksi bangunan. Jenis pondasi yang dibuat dengan metode ini memungkinkan beban yang ada pada struktur bangunan untuk disalurkan ke dalam tanah hingga mencapai lapisan yang paling keras. Metode pembuatan pondasi dengan bor pile ini menghasilkan pondasi yang sangat kuat karena beban yang sangat berat sekalipun mampu dipikul ke lapisan tanah yang keras. Karena fungsinya tersebut, pondasi jenis ini digunakan pada berbagai macam konstruksi bangunan yang berat seperti pabrik, jembatan, dan gedung bertingkat. Biaya untuk metode ini biasanya ditentukan berdasarkan ukuran per meter atau jumlah titik terkecuali apabila volumenya sedikit. Namun, pada umumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga jasa bor pile.

Besarnya Harga Jasa Pembuatan Pondasi Bor Pile

Diameter bor pile

Salah satu faktor yang mempengaruhi biaya yang harus dibayarkan dengan menggunakan pondasi ini adalah diameter dari bor pile itu sendiri. Diameter ini bergantung pada jenis mesin mini crane dan gawang yang digunakan. Ukuran diameter yang digunakan bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan penggunannya, mulai dari 30 cm hingga 60 cm. Tetapi jika ukuran diameter melebihi 80 cm, maka alat yang digunakan berbeda karena mini crane dan gawang tidak bisa digunakan untuk membuat bor dengan diameter yang besar. Diameter ini akan mempengaruhi harga karena semakin besar diameter, maka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengeboran, pembesian , dan pengecoran lebih lama. Karena waktu yang diperlukan lama maka biaya yang dibutuhkan juga lebih besar.

Metode bor pile

Metode bor pile juga merupakan hal lain yang mempengaruhi harga. Ada dua jenis metode yang biasa digunakan yaitu wet sistem dan dry sistem. Kedua metode tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan mini crane dan gawang. Namun, harga yang dipatok untuk masing-masing metode biasanya berbeda. Bor pile yang dibuat dengan menggunakan wet sistem biasanya lebih murah dibandingkan dengan dry sistem. Hal ini karena metode dry sistem memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi sehingga harga pembuatannya pun juga lebih mahal dibandingkan dengan metode wet sistem.

Kondisi di lapangan

Kondisi di lapangan biasanya berkaitan dengan lahan tersebut baik ukuran maupun keadaannya. Kondisi ini pada umumnya mencakup apakah lahan tersebut kosong atau tidak, sempit atau tidak dan membutuhkan panggung dalam proses pembuatannya atau tidak. Pembuatan bor pile dengan menggunakan panggung memiliki tingkat kesulitan dan resiko yang lebih tinggi sehingga wajar jika harganya lebih mahal dibandingkan kondisi lahan lainnya. Jika menginginkan harga yang lebih murah, maka sebaiknya anda memilih membuat bor tersebut di lahan yang masih kosong. Hal ini karena beda kondisi mempengaruhi harga jasa bor pile.